Senin, 18 Juni 2012

[My Wishlist] : Menerapkan Alkitab di Sepanjang Zaman



Judul : Menerapkan Alkitab di Sepanjang Zaman
Penulis : Jack Kuhatschek
Penerjemah :  Rini Moestopo
Penerbit : Literatur Perkantas,
Cetakan : I, 2012
Tebal : 213 hlm

Buku ini hadir untuk mengisi kekosongan tentang bagaimana menerapkan Alkitab secara praktis, terutama penerapannya yang relevan bagi dunia keseharian orang awam yang hidup di jaman sekarang ini.

Prinsip-prinsip dan metode-metode yang dibagikannya akan memandu kita menerapkan ayat-ayat Alkitab secara bertanggung-jawab dan kontekstual, bahkan ketika kita menjumpai perintah-perintah, teladan-teladan dan janji-janji

Alkitab yang tampaknya usang atau tidak relevan dengan kebutuhan kita saat ini. Hasilnya, sebuah penerapan yang sangat Alkitabiah sekaligus sangat membumi.

Daftar Isi

PENDAHULUAN: Sisi Lain dari Pemahaman Alkitab

BAGIAN I: PRINSIP-PRINSIP PENERAPAN
1.       Tujuan Penerapan
2.       Belajar Menerapkan Firman Allah
3.       Langkah Pertama: Memahami  Situasi Sebenarnya
4.       Langkah Kedua: Menemukan Prinsip Umum
5.       Langkah Ketiga: Menerapkan Prinsip Umum Pada Masa kini
6.       Pentingnya Merenungkan

BAGIAN 2:  JENIS-JENIS PENERAPAN YANG KHUSUS
1.       Menerapkan Perintah-perintah dalam Alkitab
2.       Menerapkan Contoh-contoh dalam Alkitab
3.       Menerapkan Janji-janji dalam Alkitab
4.       Batas-batas Penerapan

KATA PENUTUP: Kisah yang Tak Pernah Berakhir
CATATAN 

Dalam blognya, Literatur Perkantas memberi 3 alasan mengapa kita perlu membaca buku ini, yaitu :

Alasan I:  Strategis. Buku ini mendukung gerakan menggali Alkitab/keunikan pelayanan yang bersumber pada Alkitab. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai bahan bacaan utama Pemahaman Alkitab (seperti; MHB Bab 4, Pembinaan Dasar Bab 5, dll).

Alasan II: Sederhana dan Aplikatif.  Buku ini membagi jenis tulisan dalam 3 kategori; Perintah, Contoh/Teladan dan Janji.  Berbeda dengan buku  hermeneutik/metode PA lainnya, yang  menjelaskan cara-cara  PA berdasar genre tulisan; Puisi, Narasi, Surat, dll. Buku ini juga menekankan aspek aplikasi sehingga prinsip-prinsip kebenaran dapat diterapkan dengan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda halnya dengan buku-buku sejenis yang menonjolkan sisi observasi dan interpretasi (tetapi kurang dari segi aplikasi ).

Alasan III: Bertanggung-jawab secara Alkitabiah.  Meski praktis, tanggung jawab akademis dari prinsip-prinsip menerapkan Alkitab dalam buku ini tetap dijaga. Penulis mengajak pembaca untuk bersikap hati-hati saat menentukan aplikasi, sama seperti saat menafsir. Prinsip; history, harmony dan simplicity tetap dijunjung.

Sedangkan Denny Teguh Sutandio, teolog awam yang juga penulis buku rohani, menulis resensinya atas buku ini di note Facebooknya sbb :

Banyak buku memahami Alkitab selalu berkutat dengan prinsip-prinsip penafsiran Alkitab dengan sedikit pembahasan tentang menerapkan Alkitab. Oleh karena itu, adalah penting sekali kita dapat menerapkan Alkitab di zaman sekarang melalui prinsip-prinsip dan aplikasi menerapkan Alkitab. 
Demi memenuhi tujuan itu, Jack Kuhatschek, Th.M. memaparkan pentingnya menerapkan Alkitab dengan prinsip-prinsip penafsiran Alkitab yang bertanggung jawab. 

Di bagian pertama buku ini, beliau menguraikan prinsip-prinsip penerapan Alkitab yang dimulai dari tujuan penerapan Alkitab, belajar menerapkan Alkitab, tiga langkah menerapkan Alkitab mulai dari mempelajari konteks/situasi sebenarnya hingga menerapkan prinsip umum Alkitab pada masa kini, dan terakhirnya pentingnya kita menerapkan Alkitab melalui merenungkan Alkitab. 


Prinsip-prinsip ini nantinya mengarahkan kita untuk mengaplikasikannya di dalam 3 bagian Alkitab yaitu: bagaimana cara kita menerapkan perintah-perintah, kehidupan tokoh-tokoh, dan janji-janji dalam Alkitab. Biarlah buku sederhana namun jelas ini dapat menolong kita untuk mengerti Alkitab secara tuntas dan menerapkannya bagi orang Kristen di zaman ini.


 Jack Kuhatschek, M.C.S., Th.M. adalah wakil presiden dan penerbit dari Baker Publishing Group, Grand Rapids, Michigan. Beliau menyelesaikan studi Master of Christian Studies (M.C.S.) di Regent College, Canada dan Master of Theology (Th.M.) di Dallas Theological Seminary, U.S.A. Beliau menulis banyak buku pemahaman Alkitab dan juga buku Superman Syndrome.



@htanzil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar