Selasa, 12 Juni 2012

[Review] Mengenal Situs-Situs Alkitab

[Review]
No. 5
Judul : Mengenal Situs-Situs Alkitab
Penulis : Pdt. Daud H. Soesilo, Ph.D
Penerbit : Lembaga Alkitab Indonesia (LAI)
Cetakan : I, 2009
Tebal : 116 hlm, hardcover


Buku ini berisi ratusan foto-foto dan keterangan mengenai situs-situs yang terdapat dalam  Alkitab. Semua foto-foto dan narasi dalam buku ini dikumpulkan dan ditulis oleh Daud Soesilo, seorang Konsultan Penerjemahan Alkitab. Salah satu tugas seorang konsultan penerjemah Alkitab adalah mengadakan perjalanan untuk penelitian bahasa termasuk kunjungan ke tempat-tempat yang ada di Alkitab antara lain Israel dan Palestina.  Dari kunjungannya inilah akhirnya penulis menyusun buku tentang tempat-tempat yang sering disebut-sebut dalam Alkitab.

Di bagian awal, buku ini menyajikan beberapa halaman Pendahuluan yang padat, ringkas, dan informatif mengenai latar belakang Israel dalam Alkitab mulai dari munculnya kata Israel untuk pertama kalinya dalam kitab Kejaidan 32:38 sebagai nama lain bagi Yakub yang bergumul dengan Allah dan menang dan keturunannya menjadi sebuah bangsa hingga  Kerajaan Romawi masuk Israel dan merebut Yerusalem untuk dijadikan  daerah penyangga kekuasaan Romawi  dan menempatkan Herodes Agung sebagai wali negeri Yudea.

Selanjutnya buku ini menghantar pembacanya untuk melihat dan membaca keberadaan situs-situs yang terdapat dalam Alkitab yang hingga kini masih ada. Sistematika buku ini tidak dibuat menurut urutan kronologis kehidupan Tuhan Yesus tetapi lebih pada pembagian Geografis : Wilayah Utara (di sekitar Danau Galilea), Tengah ( di sekitar Yerusalem),  dan Selatan ( di sekitar Laut Mati). Selain situs-situs yang masih ada, di bab terakhir juga dipaparkan foto dan informasi tentang sejumlah tanaman Alkitab yang dapat ditemui di sekitar situs-situs tersebut.

Sebagaimana kita ketahui  Yerusalem dan sekitarnya kini bukan hanya menjadi tempat suci Agama Kristen saja, melainkan ada 2, bahkan 3 agama sekaligus  yang menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai tempat suci agamanya masing-masing. Karenanya sebagai penambah informasi, penulis memberikan  simbol-simbol agama di setiap tempat yang dibahas guna menerangkan suatu situs atau lokasi tersebut terkait dengan agama saja.

Sebagai pelengkap, di bagian akhir buku, penulis melampirkan sejumlah saran dan tips bagi pembaca yang berencana melakukan wisata rohani ke Tanah Alkitab. Buku ini juga menyertakan sejumlah peta, dan indeks sehingga bisa dikatakan buku ini bisa menjadi buku panduan untuk mereka yang sedang berwisata rohani sehingga memudahkan mereka mencari informasi tentang tempat yang hendak dikunjungi.

Tampilan visual foto-foto yang menarik,  informasi  melalui narasi  ringkas serta rujukan ayat-ayat alkitab yang ditujukan untuk pembaca awam membuat  buku ini menjadi sangat informatif dan memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan rentang usia yang luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buku ini juga dapat menjadi salah satu pintu masuk bagi mereka yang ingin mengenal dunia Alkitab karena buku ini bercerita tentang jejak yang ditinggalkan Tuhan Yesus di dunia ini serta situs-situs Alkitab di Israel.

@htanzil

1 komentar:

  1. kalo ada informasi penjualan buku ini, mohon infokan saya via email : isaacsigit78@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus