Senin, 14 Januari 2013

Down to Earth Sprituality


Judul : 
Down to Earth Spirituality (Spiritualitas yang Membumi)
Menjumpai Tuhan dalam Kehidupan yang Biasa dan Membosankan
Penulis : R. Paul Stevens
Penerjemah : Ellen Hanafi
Penerbit : Literatur SAAT
Cetakan : II, 2009
Tebal : 245 hlm

Kebanyakan buku tentang spiritualitas berpusat pada disiplin spiritual seperti doa dan pemahaman Alkitab. Namun hal itu dapat menyesatkan pemikiran kita bahwa Allah hanya dapat dirasakan kehadiran-NYA tatkala kita sedang melakukan hal yang bersifat "spiritual". Terlepas dari saat teduh pribadi atau di gereja pada hari minggu, Allah tampaknya jauh dan tidak relevan bagi kehidupan keseharian kita.

Paul Stevens memiliki pandangan yang berbeda secara radikal tentang spiritualitas Kristen. Ia mengatakan bahwa spiritualitas sejati bersifat sederhana. Kita dapat bertemu dengan Allah dalam kondisi biasa dan umum dalam kehidupan keseharian kita. Dengan petunjuk-petunjuknya yang diambil dari kisah Ayub di Alkitab, Stevens mencermati kisah dalam kitab Kejadian dan membukakan bagaimana momen-momen yang biasa dibuat menjadi luar biasa, diubahkan oleh kehadiran Allah di tengah hal-hal duniawi.

Sebagai seorang pemimpin, perencana, pekerja dan pengusaha, Yakub mewujudkan suatu kehidupan dari banyak segi dengan hasrat kuat dan spiritualitas yang sederhana. Yakub mendapati sesuatu yang kudus tidak hanya melalui penglihatan tentang tangga menuju surga dan pergulatan misterius dengan malaikat. Yakub juga bertemu dengan Allah dirumah dan ditempat kerja, pada saat makan dan pada saat tidur, dalam kesunyian dan dalam jalinan hubungan. Dari kelahirannya hingga kematiannya, melalui setiap jalan hidupnya, Ayub memandang Allah dalam detail pengalaman setiap hari.

                                       __________________________________

                             Review dan profil penulis dari Sdr. Danny Teguh Sutandio :

Prof. R. Paul Stevens, D.Min. memberi jawaban atas kebosanan hidup manusia yaitu dengan mengaitkan hidup manusia ini dengan Allah yang berdaulat. Beliau mengambil contoh kisah Yakub dalam Kejadian 25 s/d 50 mulai dari kelahirannya hingga akhir hidupnya ketika ia bertemu dengan Yusuf dan anak-anak Yusuf di Mesir.

Kisah-kisah tersebut dibagi menjadi 14 segmen kehidupan Yakub, yaitu: kelahiran, makan, keluarga, tidur, perkencanan, pernikahan, pekerjaan, pertobatan, seks, pulang, panggilan, pakaian, penyelesaian akhir, dan kematian. Ke-14 segmen tersebut didasarkan pada teks-teks di kitab Kejadian 25 s/d 50 disertai eksegese teks tersebut secara cermat dan aplikasi praktisnya bagi kehidupan Kristen masa kini.

Gabungan antara eksegese teks dan aplikasi praktis ini mendorong kita untuk menghidupi kehidupan yang berpusat pada Allah, sehingga dalam kehidupan ini, kita menemukan makna hidup yang terkait dengan Allah sebagai Sumber Hidup. Biarlah buku sederhana menjadi refleksi bagi kita yang menjalani kehidupan sehari-hari dengan mata tertuju kepada Allah.


Rev. Prof. R. Paul Stevens, B.A., B.D., D.Min. adalah Professor emeritus bidang Marketplace Theology and Leadership di Regent College, Vancouver, Canada dan Adjunct Faculty di Biblical Graduate School of Theology, Singapore. Beliau telah menggembalakan gereja selama 20 tahun, konselor mahasiswa di InterVarsity Christian Fellowship, dan pebisnis (Habitat Woodcraft). Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) di McMaster University; Bachelor of Divinity (B.D.) di McMaster Divinity College; dan Doctor of Ministry (D.Min.) di Fuller Theological Seminary, U.S.A. Beliau menikah dengan Gail dan telah dikaruniai 3 anak yang telah menikah dan 8 cucu. Beliau dan Gail tinggal di Vancouver sejak tahun 1969.


                                                              
                                                 _________________________

Daftar Isi :

Kata Pengantar oleh Charles Rigma
Pendahuluan : Spriritualitas yang Membumi

1. KELAHIRAN - Kisah Ribka : Kejadian 25:19-28
2. MAKAN - Kisah Esau : Kejadian 25:27-35; 27 :1-40
3. KELUARGA - Kisah Eshak : Kejadian 26-27
4. TIDUR - Kisah Para Malaikat : Kejadian 28 :10-22
5. COURTING (PERKENCANAN) : Kisah Rahel : Kejadian 29 : 1-14
6. PERNIKAHAN - Kisah Lea : Kejadian 29 : 14-30
7. PEKERJAAN - Kisah Laban : Kejadian 29:14-30; 31:10-13
8. PERTOBATAN - Kisah Allah-Manusia : Kejadian 32:26-28
9. SEKS - Kisah Dina : Kejadian 34
10. PULANG - Kisah Betel : Kejadian 35
11. PANGGILAN - Kisah Yusuf : Kejadian 37-50
12. PAKAIAN - Kisah Tamar : Kejadian 38
13. PENYELESAIAN AKHIR - Kisah Yehuda : Kejadian 42-50
14. KEMATIAN - Kisah Efraim : Kejadian 48:1-22; 49:29-33

Penutup
Lampiran A : Silsilah Keluarga
Lampiran B : Ringkasan Kisah - Kejadian 25-50
Catatan


@htanzil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar